Sumber Daya Alam Terkuras, Benarkah Indonesia Telah Merdeka

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdiri dari 17.508 pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dengan banyaknya jumlah pulau tersebut, Indonesia juga memiliki wilayah laut yang sangat luas dibandingkan dengan wilayah daratannya. Selain itu, posisi Indonesia berada di daerah tropis dan dilewati oleh garis khatulistiwa yang mempunyai kawasan hutan hujan tropika menyumbang peran besar dalam tingkat keanekaragaman flora dan fauna. Dengan adanya sumber daya alam yang melimpah tersebut, harusnya dapat menjadi pondasi yang kokoh bagi pertumbuhan ekonomi NKRI serta dapat berguna untuk meningkatkan kemakmuran rakyat Indonesia.

Banyaknya sumber daya alam juga menjadi faktor utama perkembangan Indonesia. Sumber-sumber daya alam tersebut biasanya banyak di eksploitasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik lokal maupun luar negeri. Negara-negara yang sedikit memiliki sumber daya alam biasanya akan tertarik untuk bekerjasama dengan Indonesia dengan cara bekerjasama dan menanamkan modalnya atau berinvestasi. Hal inidapat menyebabkan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan. Pengelolaan dan eksploitasi seharusnya dapat diatur dengan Undang-Undang dan hukum yang jelas sehingga tidak mengganggu keseimbangan dan merusak sumber daya alam. Akan tetapi, kebanyakan orang lebih  mementingkan keuntungan yang akan didapat daripada memikirkan apa dampak yang akan ditimbulkan pada lingkungannya. Di Indonesia sendiri, eksploitasi sumber daya alam sering dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab dan pada akhirnya menimbulkan kerusakan alam dan kerugian negara dalam jumlah yang sangat besar.

Apabila lebih diteliti saat ini, banyak sumber daya alam milik Indonesia yang dijual secara masif kepada pihak asing. Kekurangan teknologi untuk mengelola sumber daya alam tersebut merupakan faktor utama dari krisis yang terjadi. Sehingga, sampai saat ini Indonesia masih membutuhkan bantuan dari pihak asing untuk bisa menghasilkan barang siap pakai Jika eksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran terus dilakukan, akan terlihat dampaknya bagi lingkungan. Sumber daya alam yang tidak dapat terbarukan seperti minyak dan gas bumi akan cepat habis. Eksploitasi hutan dan kawasan lindung juga akan merusak habitat hewan dan tumbuhan di area tersebut sehingga banyak dari mereka akan mengalami kepunahan. Hilangnya kebudayaan lokal juga menjadi dampak dari eksploitasi karena kebudayaan lokal bergantung pada sumber daya alam yang ada di kawasan sekitarnya.

Sudah lebih dari 70 tahun pasca kemerdekaan NKRI, tetapi dengan melihat kondisi Indonesia yang sampai saat ini terjajah oleh pihak asing, masihkah Indonesia bisa disebut merdeka? Banyak dari masyarakat Indonesia yang masih belum merasakan kesejahteraan. Pemerintah seharusnya dapat mengatasi permasalahan eksploitasi sumber daya alam dengan bijak. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain dengan memanfaatkan SDA dengan hati-hati dan efisien, menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran), mengembangkan metoda penambangan, pemrosesan hasil tambang serta pendaur-ulangan secara efisien serta melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.